09 Desember 2008

Susah

Gw mengalami kesulitan dalam membaca bukunya Raditya Dika, 'Kambing Jantan'.

No, no, I have nothing against him at all. Apalagi dia anak FISIP UI juga *lho trus?* Gw jelas kagum dong sama Raditya. Secara blog dia adalah blog pertama yang dijadiin buku sama Gagas. Secara blog dia itu ruwamuwe banget komentarnya. Secara itu blog udah jadi buku dan segera jadi film pula. Ahay, gimana gw gak jatuh kagum tuh sama Radith?

Tapi, ya itu, gw kesulitan membaca bukunya.

Ini takdir gw sebagai editor kali ya. Sehari-hari, kerjaan gw adalah ngebenerin tulisan orang. Supaya huruf besar dan kecilnya tepat. Supaya nama pake huruf besar dan gak ditulis sembarangan. Supaya logika antar kalimat itu saling menyambung menjadi satu seperti Indonesia. Supaya pakai bahasa Indonesia yang baik dan benar. Tanpa pekerjaan gw sebagai editor pun rasanya gw akan tetep se-freak ini sama kerapian berbahasa. Apalagi Hil juga anak Sastra Indonesia, yang memperhatikan betul soal-soal beginian.

Dan buku 'Kambing Jantan' sungguh gak merhatiin itu. Yaaaahh namanya juga diary gitu lho. Ya suka-suka aja dong mau nulis apa. Paragraf satu gak mesti nyambung sama paragraf berikutnya. Huruf pertama gak pasti pake huruf besar. Tanda baca gak puguh. Belum lagi kalo mengulang kata gak pernah ditulis sebagai pengulangan (misal: sama-sama) tapi pakai tanda kutip (menjadi: sama").

Duuuhhh, mata gw gak terbiasa banget melihat ketidakrapian macam begini dilegalkan begitu saja.

Sementara gw? Gw nyaris menunda sehari lagi ngasih naskah gw ke Gita karena gw mau ngerapiin soal-soal gitu. Gw ingin memastikan huruf besar kecilnya tepat. Logika antar kalimat, mudah-mudahan, gak perlu ragu deh. Tapi yang belum sempet gw lakukan untuk keseluruhan postingan gw adalah meng-italic-kan kata-kata berbahasa Inggris. Tuh liat, gw rapi banget toh?

Kira-kira ntar kalo naskah gw diedit sama Gita, bakal dibenerin gak ya yang kayak gitu-gitunya?

Ah ntar kalo gak dibenerin Gita, gw benerin aja yah. Plis, plis, plis, boleh ya..

Gw pastinya gak bakal rela kalo my very first book (ever, probably) tidak rapi seperti yang gw inginkan. 

0 komentar:

 
design by suckmylolly.com