23 Juni 2010

Goodbye to Pippilotta?

Setelah gw merilis cover yang dibikin sama Diani, gw cetingan sama Eci. Dia tanya: gak masalah tuh gw pakai nama Pippilotta untuk di cover?


Hm, pertanyaan itu terlintas juga sih di gw sejak lama. Itu yang membuat gw berpusing ria mencari judul alternatif, selain mempertahankan judul blog sebagai judul buku. Karena Pippilotta itu kan karakter yang dibuat sama Astrid Lindgren. Kata Gita, hak ciptanya kalau di Indonesia ada di tangan Gramedia.

Lalu gw teringat Citta dong. Percuma aja dia sekolah hukum soal hak cipta kalau gak bisa gw jadikan tempat bertanya.

Kata Citta, judul itu gak termasuk hal yang ada hak ciptanya. Jadi kalau gw pakai judul itu, mestinya aman-aman aja. Tapi karena di cover itu ada sketsa anak perempuan kucir dua dengan freckles di pipi yang namanya Pippilotta, nah itu gw baru bisa kena masalah. Karena gambar/karakter Pippilotta itu menjadi salah satu obyek perlindungan hak cipta. Makdarit, saran dari Citta adalah pertahankan judulnya, tapi hilangkan sketsa si anak perempuan itu.

Dari situ gw udah seneng sebetulnya. Karena mestinya sih bisa-bisa aja menghilangkan gambar Pippilotta dari sampul, tapi judulnya tetap bertahaaaan.. hore! Tapiiii Citta membuyarkan cita-cita dan harapan gw.

Citta jadilah ngobrol soal ini sama temen kantornya. Kata si temen ini, mempertahankan nama Pippilotta pun berpotensi untuk mendapatkan surat peringatan dari Astrid Lindgren, karena nama Pippilotta kan sangat khas. Hal lain adalah fans sejati Pippilotta bisa bingung, dikira ini sambungannya atau gimana gitu. Ini sih udah terbukti, karena temen gw udah ada yang nanya soal 'apa maksud buku Pippilotta ini ya?' di wall FB gw. Jadilah usul Citta, biar aman gw ganti juga judulnya. Jaga-jaga.

Huhuhuhu langsung dah gw bernyanyi: Hillaaanggg permatakuuuu... *tersedu*

Alternatif lain, kata Citta, adalah kirim surat resmi ke penerbitnya Pippi Longstocking untuk menggunakan nama Pippilotta dan gambarnya pada cover. Secara Astrid Lindgren meninggal pada 2002, maka hak cipta mestinya sih ada pada keluarga. Diduga sih bakal ho-oh aja kalau dimintai izin begini. Lalu ternyata oh ternyata, hak cipta atas Pippi Longstocking ini baru akan habis pada 2052. Masih lamaaaa ya boooo...

Pas gw ceritain ini ke nyokap, dia langsung bilang,'Ganti aja lah judulnya. Lagian ini kan gak ada hubungannya sama Pippilotta. Namanya juga baru mau tampil.'

Huhuhu iya siiiyyy.. tapi kaaann Pippilotta itu keren banget!

*gak rela*




0 komentar:

 
design by suckmylolly.com